PABX itu apa?

Kami coba menjelaskan PABX itu apa, dengan menjelaskan gambar di bawah ini sebagai upaya untuk memahami produk tersebut secara lebih mudah. Simak 10 poin di bawah ini , mudah mudahan dapat memperoleh gambaran apa itu PABX dengan lebih lengkap.
Gambar diambil dari Installation Manual pabx Panasonic model KX-TES824. (Untuk yang sudah mengetahui tentunya uraian ini tidak perlu dibaca) :)
Untuk membaca empat alasan umum diperlukan pabx klik disini.

PABX tampak pada gambar di samping adalah KX-TES824 dengan maksimum kapasitas 8 line Telkom (CO) dan 24 extension. (kapasitas awal 3 line 8 extension)
  1. Kapasitas 24 extension maksudnya, pesawat telepon yang terhubung dengan box PABX maksimum sebanyak 24 extension. Antar extension dapat berhubungan dengan mendial nomor extension sehinga pembicaraan antar lokasi yang dapat dicakup oleh PABX tersebut tidak ada biaya berupa tagihan pulsa ataupun sejenisnya. 
  2. Untuk berhubungan dengan pihak luar maka PABX ini biasanya dihubungkan dengan Line Telkom (lihat Outside (CO) line pada gambar)
  3. Jarak antara PABX dengan extension sekitar 300 meter untuk pesawat 'khusus' (lihat extension 'PT' contoh pesawat Proprietary Telephone  adalah KX-T7730) pada gambar diatas dan maksimum berkisar 1000 meter untuk pesawat jenis SLT misal KX-TS505, Fax dan Wireless telephone. Kabel yang menghubungkan pesawat telepon (extension) dengan PABX adalah 'star', jadi bukan serial seperti instalasi lampu.
Hal lain yang perlu diketahui:
  1. Jumlah pembicaraan dengan pihak luar tergantung pada jumlah line Telkom (atau provider lain seperti GSM) yang terhubung ke PABX. Misalkan ada 2 line terpasang maka pada saat bersamaan maksimum hanya 2 pembicaraan yang dapat dilakukan antara pihak extension dengan pihak luar.Apakah line Telkom harus ada dalam semua pemasangan PABX? Jawabannya tidak selalu perlu. Jika tidak ada line Telkom maka PABXnya berfungsi hanya untuk komunikasi internal (dalam satu gedung atau lokasi)
  2. Biasanya PABX ini dilengkapi dengan 'Batteries' yang menjaga kontinuitas pembicaraan pada saat terjadi pemadaman aliran listrik.
  3. PABX dapat di program melalui komputer atau pesawat telepon.
  4. Bila dilengkapi dengan software 'Billing System' maka rekaman data nomor yang dihubungi dari extension untuk menelpon keluar 'outside line', waktu (tanggal dan jam)  dan lama (menit) pembicaraan oleh extension, dapat dibuatkan laporannya. Secara otomatis setiap extension selesai menelpon keluar maka pabx akan mengirimkan sekumpulan data ke komputer melalui serial port.
  5. Bila dipasang doorphone interface maka PABX dapat pula digunakan untuk melakukan pembicaraan dengan tamu yang datang berkunjung ke kantor atau ke rumah dan  extension yang bercakap dengan tamu tsb dapat menekan tombol pesawat telepon untuk membukakan pintu. (perlu ada perangkat electric door opener pada pintu)
  6. Jika dilengkapi dengan Voice Processing System - alat untuk memudahkan pihak luar yang menghubungi ke PABX sehingga dapat mendial sendiri nomor extension yang hendak dihubungi serta meninggalkan pesan bila extension yang dihubungi tidak menjawab.
  7. Untuk model PABX Panasonic yang dicontohkan diatas sudah dilengkapi dengan OGM yang berfungsi seperti poin 6 diatas, namun belum dilengkapi fitur meninggalkan pesan seperti VPS.
Demikian penjelasan apa itu PABX, semoga penjelasan yang berupa 'cerita' dari gambar ini dapat berguna dan memberikan gambaran yang jelas kepada awam yang ingin mengetahui apa itu PABX. Bacaan lain mengenai apa itu pabx klik di wikipedia
Baca juga: